INFORMASI UNIK DARI PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DI UMM

Standar

Universitas Muhammadyah Malang, kegiatan-kegiatan ini benar benar membuat saya merasa beruntung telah memilih universitas ini , selain fasilitas yang lengkap , kami para Maba juga mendapat pelatihan-pelatihan tentang fasilitas-fasilitas yang terdapat di Universitas ini. Salah satu nya adalah PATI (Pelatihan Aplikasi Teknologi & Internet). Pelatihan ini sangat bermanfaat karena memberikan informasi-informasi yang belum banyak kita ketahui. memberikan cara yang benar dalam menjalankan internet, mengajarkan & menjelaskan hal-hal singkat  tentang perkuliahan.

Materi yang disampaikan dalam TIPS dan TRIK/TUTORIAL dari aplikasi Internet di antaranya yaitu :

  1. Internet
  2. Google Drive
  3. Layanan teknologi informasi di UMM
  4. Search Engine
  5. Layanan TI UMM
  6. Browsing, InfoKHS, dan E-Learning
  7. Email
  8. E-Learning
  9. Blog (membuat blog, editing, dll)
  10. Hosting, dll

Masih banyak hal yang bermanfaat dari pelatihan ini. Yang menjadikan kita menjadi individu yang handal dalam bidang teknologi komunikasi serta dapat berperan sebagai penyalur informasi dan lebih banyak berkarya.

 

 

Iklan

Langkah Simple Menjadikan Indonesia lebih Baik

Standar

Sesuatu hal akan lebih baik jika memiliki niat dan usaha yang terealisasi. Salah satunya mencintai diri kita sendiri terlebih dahulu. Memperbaiki diri dengan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, melakukan suatu usaha yang baik untuk diri sendiri dan yang akan berdampak baik pula untuk orang di sekitar kita bahkan negara kita ini.   Berikut langkah simple menjadikan individu yang lebih baik.

1. MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA  KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA 2. BELAJAR TEKUN & TERUS KEMBANGKAN BAKATMU Nah kalian tau nggak sich sebenarnya itu mendapatkan sesuatu lebih mudah daripada mempertahankannya,sama seperti prestasi yang mungkin kita dapatkan prestasi kita dapatkan dengan belajar tekun dan apakah setelah kita mendapatkan prestasi kita akan menganggap perjuangan kita telah berakhir tentu saja tidak karena kita masih punya perjuangan 1 lagi yaitu mempertahankan prestasi yang telah kita dapatkan mempertahankan prestasi itu dapat dilakukan dengan cara terus mengembangkan bakat yang kita miliki.. dan itu semua ada hubungannya dengan Indonesia hubungannya yaitu Indonesia sudah mempunyai banyak penghargaan itu semua memang membuat Indonesia bangga atas prestasi yang di miliki oleh para anak bangsa dan dunia mancanegara tau bakat anak bangsa Indonesia yang sangat hebat,namun kita jangan lantas sombong dulu,kita harus bisa mempertahankannya agar dunia semakin kagum pada negeri ini karena slain dapat meraih prestasi kita juga dapat mempertahankannya. “Jadi asah terus bakatmu ya”. 3.JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN ! Kalian pastinya sudah tau masalah yang satu ini kan??! Ya sampah adalah salah satu masalah yang tak kunjung selesai di Indonesia. Kalian tau sebabnya apa nggak?? Sebabnya adalah kebiasaan masysrakat Indonesia yang suka buang sampah sembarangan.Kalian harus menghentikan tradisi ini ya,karena selain membuat Negara Indonesia jadi kotor,sampah juga bisa membawa bencana banjir yang pastinya akan merugikan masysrakat yang terkena oleh banjir ini. Kita harus bisa membuat Indonesia jadi bersih dengan membiasakan “MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA”. Agar masyarakat mancanegara tau bahwa Indonesia adalah Negara yang bersih dari sampah dan Negara yang anti banjir OK.. 4.BIASAKAN BERSIKAP RAMAH-TAMAH Huuh.., anak Idonesia jaman sekarang sering banget bersikap dan berkata kasar yang katanya kalau berkata dan bersikap kasar itu biar di segani sama orang lain,bener-bener salah paham seharusnya kalau mau di segani orang lain itu harusnya kita harus punya banyak prestasi,bukannya malah bersikap dan berkata kasar katanya rakyat Indonesia terkenal dengan sikap rmah tamahnya,kok ini malah kebalikannya,mulai sekarang kita harus membiasakan bersikap ramah tamah ya,biar dunia tau kalau Indonesia itu rakyatnya baik-baik dan slain itu dengan kalian menjauhi sikap kasar sebenarnya kalian juga sudah menerapkan norma kesopanan pada diri kalian,nanti kalian akan terlihat lebih berwibawa sehingga kalian akan di sukai temen-temen kalian. 5.JANGAN SUKA MERUSAK LINGKUNGAN Temen-temen jangan biasakan merusak lingkungan ya,karena kalau kalian merusak lingkungan tanpa sadar kslisn sama saja merusak Indonesia lho.. dan kalau ada orang dari luar negeri berkunjung ke Indonesia dan meliat lingkungan di Indonesia rusak maka mereka akan menganggap kalau orang di Indonesia itu usil dan suka merusak lingkungan,kalau mereka beranggapan seperti itu maka harga diri negara Indonesia juga jatuh,makannya stop tradisi  merusak lingkungan biar nggak di anggap negara yang warganya bersifat jelek 6.BIASAKAN BERSIKAP JUJUR Kalian tau nggak kalau para koruptor itu korupsi uang negara karena dari dulu tidak membiasakan bersikap jujur,karena kalau mereka membiasakan bersikap jujur mereka nggak mungkin korupsi,dan lebih parahnya lagi sekarang Indonesia adalah negara koruptor terbesar di asia tenggara,benar-benar parah,aku harap kalian membiasakan bersikap jujur sejak kecil agar nanti kalau jadi pejabat nggak korupsi ya .. dan juga biar julukan sebagai negara koruptor terbesar di asia tenggara di cabut juga aku berharap dengan kalian membiasakan bersikap jujur mancanegara/dunia biartau kalau Indonesia warganya itu adalah warga yang jujur.. ingatlah “Jujur Adalah Kunci Kesuksesan” SUMBER : http://lulukanakindonesia.blogspot.com/2012/01/cara-membuat-indonesia-jadi-lebih-baik.html

Kemajuan Teknologi Dalam Bidang Komunikasi

Standar

Tak dapat dipungkiri, pencapaian itu dapat terjadi karena besarnya dukungan masyarakat Indonesia khususnya para pengguna internet dan sosial media. Segala informasi mengenai Pulau Komodo dapat terinformasikan dengan cepat ke berbagai pelosok dunia. Fenomena yang terjadi di Indonesia kali itu merupakan salah satu contoh positif dari kemajuan teknologi khususnya di Indonesia.

Perkembangan Internet, Smartphone dan Sosial Media

Di era sekarang, teknologi sangat erat kaitannya dengan Internet. Perkembangan internet itu sangat mempengaruhi kehidupan sosial serta cara berkomunikasi seseorang., Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Tahun 1998 hanya 500ribu orang yang menggunakan internet, namun dimulai pada tahun 2012 pengguna internet meroket menjadi 63juta orang. Angka itu bahkan diprediksi akan terus meninggkat menjadi 139juta orang pada tahun 2015.jkjbb

Perkembangan yang terjadi terhadap telepon genggam juga semakin mempermudah komunikasi melalui sosial media maupun internet. Hanya dari sebuah handphone kita bisa mendapatkan begitu banyak informasi secara singkat. Smartphone , itulah sebutan untuk handphone canggih yang dapat berfungsi hampir sama dengan sebuah computer jinjing atau laptop namun berukuran jauh lebih kecil. Bila dilihat dari sudut pandang ini, kemajuan teknologi memberikan kita kesempatan untuk hidup secara lebih mudah. Hal tersebut merupakan kemudahan untuk mendapatkan atau juga menyebarkan informasi yang diinginkan.

Perkembangan teknologi pada masa kini yang terus berkembang, sehingga membuat Internet serta banyak sosial media juga semakin berkembang. Walaupun belum ke seluruh bagian Indonesia, namun hal-hal berbau kemajuan teknologi tersebut telah tersebar ke hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kebanyakan orang yang mengakses internet atupun sosial media di Indonesia ini adalah mereka yang menggunakan handphone. Berdasarkan riset dari lembaga AC Nielsen juga tercatat 95% pengguna ponsel di Indonesia memanfaatkan alat tersebut untuk mengakses Internet. Kini terasa seperti tidak ada batasan dengan orang lain meski mereka berjarak ratusan ribu kilometer dari lokasi seseorang. Hal itu terjadi karena kemajuan di teknologi masa kini. Konsep McLuhan terbukti benar, kini khususnya di Indonesia, banyak sekali manusia yang bergantung pada teknologi dan sangat sulit untuk lepas dari hal-hal seputar teknologi. Bahkan bisa dibilang di era ini bila seseorang tidak menggunakan teknologi-teknologi tersebut, orang tersebut tidak dapat diterima dengan baik di lingkungannya (contoh: dalam pekerjaan, beberapa perusahaan memiliki syarat khusus mengenai kemampuan menggunakan berbagai teknologi). Kemajuan teknologi dalam berkomunikasi massa ini telah membawa banyak dampak serta perubahan dalam masyarakat.

Dampak Perkembangan Teknologi

Read the rest of this entry

Universitas Muhammadiyah Malang

Standar

 

 

Universitas Muhammadiyah Malang
Moto “Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa”
Didirikan 1964
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Dr. Muhadjir Effendy, MAP
Situs Rektor UMM
Lokasi Kota Malang, Jawa Timur
Situs web http://www.umm.ac.id
Universitas Muhammadiyah Malang

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terakreditasi “A” dengan Nomor SK: 074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013, yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. UMM termasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia bersama UII dan UMY. Oleh karena didominasi warna dinding putih, UMM sering disebut sebagai kampus putih

UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur. Program-program yang didisain dengan cermat menjadikan UMM sebagai “The Real University”, yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi

Pada sekarang ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM, dan sekarang ini dikonsentrasikan untuk program Pasca Sarjana. Sedangkan kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama , sekarang di konsentrasikan sebagai kampus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat sari seluruh aktivitas.

 

SuntingOkey sobat, kita lanjut ke sejarah universitas muhammadiyah malang. cekitdot hehehe

Read the rest of this entry

FAKULTAS AGAMA ISLAM – JURUSAN TARBIYAH

Standar
TARBIYAH
Tentang Prodi Tarbiyah
Jurusan Tarbiyah atau Pendidikan Agama Islam ini bertujuan mengantarkan mahasiswanya ahli di bidang pendidikan agama Islam dan menjadi pendidik/guru profesional. Untuk itu, mahasiswa dibekali dengan keahlian-keahlian plus untuk menjadi peneliti dan konsultan pendidikan agama, serta manajer/pengelola lembaga pendidikan.
Kegiatan perkuliahan dilengkapi dengan laboratorium micro teaching yang berfungsi membantu Jurusan Tarbiyah dalam memperkuat proses pembelajaran (learning process) dengan menyediakan berbagai pelatihan dan praktikum mahasiswa yang memberdayakan, melakukan pengkajian dan penelitian dalam upaya discovery terhadap teori dan model pembelajaran, serta menerapkan pembelajaran atau ilmu kependidikan Islam (konsep, model, teknologi) di masyarakat sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat.

Read the rest of this entry

BANGGA DENGAN DAERAHKU BIAK,PAPUA

Standar

Salam hangat dari kami anak Papua 🙂

Bagi kalian yang belum tau banyak  tentang keunikan pulau-pulau indah di Papua, ikuti deh postinganku kali ini yang membahas salah satu pulau kecil yang terdapat di provinsi Papua dengan keunikan yang dimiliki serta sejarah yang terdapat didalamnya. langsung aja deh.. cekitdot guys 😀

PULAU BIAK

     Kabupaten Biak Numfor terdiri dari 2 (dua) pulau kecil, yaitu Pulau Biak dan Pulau Numfor serta lebih dari 42 pulau sangat kecil, termasuk Kepulauan Padaido yang menjadi primadona pengembangan kegiatan dari berbagai pihak. Luas keseluruhan Kabupaten Biak Numfor adalah 5,11% dari luas wilayah provinsi Papua.

Kabupaten Biak Numfor terletak di Teluk Cenderawasih pada titik 0°21′-1°31′ LS, 134°47′-136°48′ BT dengan ketinggian 0 – 1.000 meter di atas permukaan laut. Kabupaten ini merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Papua dan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik. Posisi ini menjadikan Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu tempat yang strategis dan penting untuk berhubungan dengan dunia luar terutama negara-negara di kawasan Pasifik, Australia atau Filipina. Letak geografis ini memberikan kenyataan bahwa posisinya sangat strategis untuk membangun kawasan industri, termasuk industri pariwisata

Sejarah Penamaan Pulau Biak

Pada waktu pemerintah Belanda berkuasa di daerah Papua hingga awal tahun 1960-an nama yang dipakai untuk menamakan Kepulauan Biak-Numfor adalah Schouten Eilanden, menurut nama orang Eropa pertama berkebangsaan Belanda, yang mengunjungi daerah ini pada awal abad ke 17. Nama-nama lain yang sering dijumpai dalam laporan-laporan tua untuk penduduk dan daerah kepuluan ini adalah Numfor atau Wiak. Fonem w pada kata wiak sebenarnya berasal dari fonem v yang kemudian berubah menjadi b sehingga muncullah kata biak seperti yang digunakan sekarang. Dua nama terakhir itulah kemudian digabungkan menjadi satu nama yaitu Biak-Numfor, dengan tanda garis mendatar di antara dua kata itu sebagai tanda penghubung antara dua kata tersebut, yang dipakai secara resmi untuk menamakan daerah dan penduduk yang mendiami pulau-pulau yang terletak di sebelah utara Teluk Cenderawasih itu. Dalam percakapan sehari-hari orang hanya menggunakan nama Biak saja yang mengandung pengertian yang sama juga dengan yang disebutkan di atas.

Tentang asal usul nama serta arti kata tersebut ada beberapa pendapat. Pertama ialah bahwa nama Biak yang berasal dari kata v`iak itu yang pada mulanya merupakan suatu kata yang dipakai untuk menamakan penduduk yang bertempat tinggal di daerah pedalaman pulau-pulau tersebut. Kata tersebut mengandung pengertian orang-orang yang tinggal di dalam hutan`,`orang-orang yang tidak pandai kelautan`, seperti misalnya tidak cakap menangkap ikan di laut, tidak pandai berlayar di laut dan menyeberangi lautan yang luas dan lain-lain. Nama tersebut diberikan oleh penduduk pesisir pulau-pulau itu yang memang mempunyai kemahiran tinggi dalam hal-hal kelautan. Sungguhpun nama tersebut pada mulanya mengandung pengertian menghina golongan penduduk tertentu, nama itulah kemudian diterima dan dipakai sebagai nama resmi untuk penduduk dan daerah tersebut.

Pendapat lain, berasal dari keterangan ceritera lisan rakyat berupa mite, yang menceritakan bahwa nama itu berasal dari warga klen Burdam yang meninggalkan Pulau Biak akibat pertengkaran mereka dengan warga klen Mandowen. Menurut mite itu, warga klen Burdam memutuskan berangkat meninggalkan Pulau Warmambo (nama asli Pulau Biak) untuk menetap di suatu tempat yang letaknya jauh sehingga Pulau Warmambo hilang dari pandangan mata. Demikianlah mereka berangkat, tetapi setiap kali mereka menoleh ke belakang mereka melihat Pulau Warmambo nampak di atas permukaan laut. Keadaan ini menyebabkan mereka berkata, v`iak wer`, atau `v`iak`, artinya ia muncul lagi. Kata v`iak inilah yang kemudian dipakai oleh mereka yang pergi untuk menamakan Pulau Warmambo dan hingga sekarang nama itulah yang tetap dipakai.

Sejarah Dunia Yang Pernah Terjadi di Biak

Read the rest of this entry